Review Laptop: Lenovo G400s

halo teman-teman (akhirnya buka blog lagi setelah sekian lama :P )
Disini saya bakal nge-review sebuah produk lenovo (karena sampai beli ini laptop, belum ada yang nge-review sama sekali).  Sebenarnya saya sendiri coba-coba beli laptop merek lenovo (pertama kali beli sih asus, build qualitynya gila-gilaan.. saya pernah ngejatuhin ga sengaja berkali-kali untungnya ga kenapa-kenapa #hardcore.  Sayang aja laptopnya dimaling di kontrakan dulu). lanjut aja:

Lenovo G400s:
ini video promonya
karena saya domisili bandung, waktu saya nyari laptop jelas ke BEC (karena ga tau tempat lain), salah satu toko andalan ane sih fast n cheap (paling murah se-BEC + Bonusnya banyak).  Karena Budget 5 juta pas dari babeh, maka target saya waktu itu cuman Intel i3 Sandy Bridge gen 2 + vga dedicated atau Intel i3 Ivy Bridge Gen 3 sukur-sukur dapet vga dedicated :D

akhirnya setelah survey semua toko ane nemu satu yang menarik.. lenovo seri g400s.  Desainnya bagus karena slim + pakai plastik finishing bagus, mirip thinkpad seri yang dulu.  Spek yang ditawarin ane comot dari (http://www.techhypermart.com/notebooks/lenovo/lenovo-g400s-g-series-5938-2390-14-laptop-notebook.html):

ModelLenovo G400S G Series
Operating SystemForce feedback Windows 8 (install sendiri ye haha)
ProcessorForce feedback Intel® Core™ i3-3110M Processor
- 2.4GHz, 3M Cache (ane dapet yang 3120, bedanya clock speed lebih kenceng 100Mhz doang, no turbo clock)
Memory2GB DDR3
Hard Disk Drive500GB HDD
GraphicsIntegrated (Intel HD 4000M) + Nvidia GT720M 2GB
Optical DriveDVD Writer
Display type14.0" HD Display ( 16:9 ) Wide Screen
Integrated CameraYes
Sound and CommunicationsWiFi 802.11b/g/n, Ethernet Port
Multi in One Card Reader
Ports1 USB 2.0 ports
2 USB 3.0 port
1 x HDMI
1 x VGA
1 x Headphone / Microphone Combo
ColorsBlack
Battery5 hours (4-cell battery)
Dimensions336.6mm x 241.2mm x 21.0mm
Weight2.2kg <- ini ringan banget, enak dibawa kemana-mana

dalam packaging cuma ada charger, laptop, kartu garansi dan cara pemakaian serta cd driver khusus windows 8.  Paketnya bener-bener seadanya.


Setelah saya install berbagai driver yang ada, hal yang paling menonjol adalah:
"Speaker Internal dimana?"

saya coba memutar mp3, suara yang dihasilkan mirip suara speaker home theatre yang surround sound (soalnya pakai Dolby Digital v2, lebih bagus dari asus dulu yang ane pake, meskipun speakernya merek altec lansing).

untuk grafik, disediakan dual vga yaitu intel HD 4000m sama Nvidia GT 720M.  Intel HD bakal dipakai ketika komputer tidak menggunakan aplikasi yang cukup berat seperti game/video rendering.  Saya coba performa intel HD 4000 sangatlah jauh berbeda dari intel HD 3000 versi sebelumnya dimana sekarang dengan vga intel saya sudah bisa memainkan Fallout 3 dengan settingan LOW semua.  Untuk NVIDIA ngga usah ditanya lagi, 2GB, Dedicated, versi terbaru pula... wuih dipakai Fallout 3 settingan sampai High kuat (dengan resolusi 1280x720, sebenernya ngejar fps biar ngga kerasa jeleknya haha)

Prosessor yang digunakan adalah Intel i3 - 3120M 2,5 Ghz, generasi 3 alias Ivy Bridge.  Dengan harga segini, merek lain pun belum ada yang berani memberi vga dedicated ataupun memberi prosessor seri ivy bridge dengan dedicated vga.
ini screenshot dari dxdiag

ini skor dari windowsnya

hasil foto pakai webcam *webcamnya kurang bagus, tapi saya jarang skype-an ini*

Kalau review simpelnya sih:
Plus (+) :
  • Design oke (Slim, Plastic High Quality, keyboard desain bagus dan nyaman dipakai)
  • i3 3120m ivy bridge + nvidia gt720M, best value, harga murah spek mumpuni
  • Ringan, cuma 2,2 kg (laptop biasanya 3-3,5kg)
  • Sound menggunakan Dolby Digital v2, jossss
  • Booting sangat cepat (dari mencet tombol power on sampe masuk win 8 kurang lebih 10 detik dengan background aplikasi seperti IDM dan bawaan driver)
  • Adem, siklus pengeluaran panas melalui fan terdapat di bagian kiri dan bawah laptop
Minus (-):
  • Fannya cukup mengganggu sound menurut saya (terutama saat bermain game)
  • build quality di layar kurang, lcd keteken sama framenya (kalau dapet yang zonk, kebetulan ane dibenerin sendiri jadinya ngga lagi
  • webcam kurang banget, butuh cahaya yang cukup...
  • colokan usb seret banget, karena desain slim, jadinya aga susah masukin port usbnya
  • Service centre ngga sebanyak merek besar lain
  • driver yang di CD hanya untuk win 8, jadi jangan pakai win 7 karena laptopnya ngga akan bekerja maksimal
  • Battery cuma 4 cell (Biasanya laptop gini 6 cell), memang bikin disain jadi tipis tapi lama pemakaian maksimal 3-2,5 jam
  • Slot mic ngga ada tapi internal mic dekat kamera ada

maaf belum nyediain review secara software benchmark (fraps, 3dmark dll) karena keterbatasan waktu saya hehe..

saran dari saya sih:
beli yang seri i5nya kalau ada kelebihan duit, bedanya sama seri i3 sekitar 350-600 ribu rupiah, sama hati-hati dalam penggunaan setahun ini karena support masih dipersiapkan (maklum keluaran juni 2013 laptopnya).

oh iya ini saya foto dari hp laptopnya
kalau mau foto detilnya, googling aja gan hehe maklum malem-malem hasil foto kurang

WIN 7 sama 8.1 udah rilis nih drivernya, bisa dilihat di web-nya: http://support.lenovo.com/en_US/downloads/default.page?#

BUG yang sampe sekarang ga bisa dibenerin: card reader ngga jalan nih, mungkin ada yang punya solusi?


Komentar

  1. Gan cara installnya gimana ? Begitu nyala disuruh masukin tanggal dan waktu terus command gangerti gan mohon bantuannya

    BalasHapus
  2. itu masuk ke DOS kang, kalau mau install windows 8, bikin dulu bootable usb-nya dengan windows usb tools dan iso win 8. untuk masuk bios pas logo lenovo di awal coba tekan fn + f2 (kebetulan di laptop ini, fn-nya sengaja dibalik sama pabriknya), nanti pilih boot prioritynya ke usb agan... sip deh :)

    BalasHapus
  3. Mas Faris, saya baru aja beli yg i5. Saya pakein win 7 ogah pake win 8. Nah yang mw saya tanyain tombol airplane mode itu apa cuma berfungsi di win 8 saja ?

    soalnya tombol itu saya tekan tapi ga ada fungsi apapun yang berkerja. alhasil klo mau hidupin bluetooth harus aktifin dulu lewat control panel, juga Wifi yang selalu aktif.

    Thanks mas sudah memberikan review, emg tipe ini minim bngt yg ngsh review, ada cuma review spek ma harga.

    ridwan
    ridwan1811@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah justru saya baru tau nih ada yang sukses pake win 7, soalnya sy cek drivernya, beberapa optimasi dr driver didisain khusus utk win 8 seperti tombol fn dan optimus-nya nvidia (switch graphic card)

      Airplane mode hanya ada di win 8 karena memang fitur baru, untuk wifi dan bluetooth memang harus manual sih... hehe

      Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya mas :)

      Hapus
  4. gan ente beli berapa gan
    itu yg i3 ram berapa gan ada yg bilang 2gb ada yg bilang 4gb??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane beli 4.9 Gan, nambah 100 ribu buat beli ram dari 2 jadi 4 GB.. kemaren yang i5 ane liat bhinneka 5.35 juta kalau ga salah

      Hapus
  5. ooo...emg harus manual wifi dan bluetoothnya ? di win 8 juga gitu ?
    oya fitur optimus nvidia nya blm saya coba sih. blm coba bwt game yang berat" baru sekedar Counter Strike aja.
    Sharing aja..saya beli i5 3230 2.6 Ghz, vga nya sama 2gb. ramnya 4Gb harganya 5,375 jt itu di mdua.com klo di bhinneka mungkin lebih mahal.
    tadinya mau ambil tipe lain namun speknya sama cuma minus vga aja (jadi vganya cuma intel). cuma saya pikir nanggung, kali aja klo nanti lg bosen ma krjaan bisa dah game di lepi bwt hiburan.

    BalasHapus
  6. greetings nih sesama pengguna G400s :D saya make yang versi i5, kalo butuh review ini dia reviewnya:
    http://www.adjiebrotot.com/2013/08/review-lenovo-ideapad-g400s.html

    Speknya bener2 dewa untuk harga yang minimalis.

    BalasHapus
  7. Casing nya plastik apa aluminium sih sebenernya? kata penjualnya kok ada yg plastik ada yg aluminium -_- *bingung

    BalasHapus
  8. Body luarnya plastik gan, tapi dalemnya aluminium... kalau yang full aluminium itu seri thinkpad gan, yang ini kan ideapad :)

    BalasHapus
  9. gan baterai nya gimana ni gan
    kalau buat browsing / nonton film hd tahan berapa jam?

    BalasHapus
  10. gan ane bikin windows 7 gan,apa ane perlu ganti jadi windows 8 lagi?

    BalasHapus
  11. Ngga harus gan, make win 7 malah aplikasi yg lama2 masih kompatibel


    Untuk film hd & browsing max 2 jam, kalau game biasanya 1,5 jam lah kalau berat

    BalasHapus
  12. gan, saya mau nanya gan

    saya baru instal g400s pake win 7 dan drivernya pake yg win 8 tapi utk kamera ga bisa jalan, dan emg pas instal driver kameranya ada tulisan "no appropriate driver to be installed". akhirnya saya download dan instal driver kamera utk yg win 7 tapi ga ngaruh juga. kira2 gimana ya gan supaya kamera nya bisa jalan?

    terima kasih sebelumnya ya gan :)

    BalasHapus
  13. Sebenernya untuk webcam, itu udah terinstall kok, langsung otomatis pakai driver bawaan os (win8 atau 7), untuk coba... pakai aplikasi webcam misal skype atau kalau pakai web bisa ke omegle.

    BalasHapus
  14. makasi gan buat reviewnya,ane jadi pengen beli ni laptop.
    sekarang ane mau tanya,kira" kalo ane mau pake windows 7, driver apa aja yang belum disupport ato belum ada drivernya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok windows 7, semua fiturnya bisa.. yang ngga optimal cuma hotkey fn utk win 8nya ga kepake :)

      Hapus
  15. makasi gan buat reviewnya, ane jadi ambil ni laptop.
    contoh hotkey yang buat windows 8 yang mana aja ya gan kalo boleh tau??

    BalasHapus
  16. Gan..ane setiap install driver vga (intel) selalu blank pas masuk windows-nya lagi..ane udah coba beberapa kali, tp hasilnya masih tetep aja blank..Sama terkadang audionya suka hilang..Mohon pencerahannya gan..Thanks
    NB: Ane install WIN 7

    BalasHapus
  17. misi gan mau nanya nih, ane pake yg seri i5
    pas ane instal game counter strike bisa, tpi pas ane running muncul tulisan ''available memory less than 128''
    nahh caranya switch ke Nvidia nya gmna? udah coba k panel Nvidia tetep gk bisa

    terima kasih gan :)

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Hotkey yang ngga jalan ada yg airplane mode, jadi di 7 ga bisa langsung konek wifi/bluetooth harus masuk connection settings

    Untuk yg intel ngeblank, apa urutan install vganya bener gan? Kalau nvidia duluan memang bakal error2 gan. Kalau misalnya tetep ga bisa, coba cari graphic accelerator utk win 7


    Cs kalau kurang memori itu ganti compabilitynya ke xp sp2 gan, kalau mau pake nvidia: klik kanan ke program yg mau dijalanin-> run with graphic processor -> high perfomance nvidia

    BalasHapus
  20. gan numpang tanya, ini katanya kan casing nya plastic high quality, dia jenisnya glossy apa doff gitu ? banyak sidik jari yg ketinggal ga kalo nyentuh2 casingnya ? thanks

    BalasHapus
  21. Untuk bodi luar daerah, permukaan berpola dan ga polos aja... jadinya bagus ngga kaya laptop biasa yg polos

    Untuk yg di dalem daerah layar, plastiknya mirip amplas halus dan ga gampang kotor/baret

    Di daerah keyboard, yg kerasa plastiknya kurang dan gampang minyakan keyboardnya aja (ane akalin make silikon).. kalau bodi sih glossy tapi permukaannya ada garis kecil lurus gan (lebih mirip kaya aluminium abis dipotong dan belum dihalusin) jadinya ga keliatan kotor gan..


    Touchpad plastiknya mirip kaya di layar gan.. kalau sering dipake jadi halus haha

    BalasHapus
  22. Urutan install-nya udah bener gan, soalnya ga akan mau install driver yg nvdia klo ga install dlu yg intelnya.

    Emang klo pake graphic accelerator sama aja ya gan? NVDIA nya bisa kepake jg ga? Thx

    BalasHapus
  23. saya barusan beli laptop G400S tapi kok windows 8 saya nda bisa diintall di semua partisi, dan nda bisa membagi partisi lagi, drive 0 partition 2 pbr drv >>> apa maksudnya ? ak pencet format tulisannya "this partition might contain important files or applications from your computet manufacturer. If you format this partition any data stored on it will be lost" lalu otak atik lagi ada tulisan "Windows can only be installed to GPT disk" "Windows must be installed to a partition formatted as NTFS" kurang ngerti cara install windows pada laptop lenovo yg dari beli ga ada OS, jadi OS gua beli sendiri..

    BalasHapus
  24. ini agan udah sampe nginstall pas ngga ada OS kan ya (masih dos)... mungkin ane bantu dari pengalaman ane install os di beberapa laptop temen ane:

    1. drive 0 partition 2 pb drv
    kemungkinan partisi dari pabrik/manufakturnya, di laptop merek lain biasanya tulisannya OEM.. isinya data identitas laptop sama driver bawaan, dihapus juga ngga apa-apa sih..

    2. "bla bla manufacturer, format ..."
    jawabannya di no 1 gan

    3. windows can only be installed GPT disk / must be installed NTFS
    partisi agan masih belum di format ke ntfs, caranya bisa create partition (kalau ada partition lain, bisa di remove dulu kok) gan (50-70GB aja buat partisi yang isinya file OS, biar yang lain kosong, tapi pilihan tetep terserah agan)


    pas install windows, coba pilihnya jangan yang express tapi custom install~ semoga membantu

    BalasHapus
  25. gan, ane baru aja beli nih laptop lenovo g400s i3 yg ram nya hanya 2gb. nah ane nyoba main PES 2013 tapi kok ngelag ya ? apa karena RAM nya atau apa nya ya ? ehehhehe

    BalasHapus
  26. nanya lagi gan, ada cara buat nge reverse fungsi tombol Fn ga ? annoying banget nih masa mau alt+f4 aja harus pencet Fn+alt+f4, kalo pencet alt f4 doang malah yg jalan fungsi tombol F4 aja.

    BalasHapus
  27. kan gimana install pakek win 7 ??

    BalasHapus
  28. driver nvidia sama kamera nya kok gak bisa diinstall ?

    BalasHapus
  29. Mas Imam:
    ane udah pernah nyari gan, tapi ngga ada.. memang settingan hardwarenya di reverse... kalau mau exit pencet f4 aja gan ga usah alt-f4...refresh pencet f5 langsung aja, justru menurut ane lebih enak reverse sih... tombol seri f jarang dipake soalnya

    mas zakaria:
    coba klik kanan, use graphic processornya yang high performance (nvidia) gan... kalau kurang cek settingan battery, power saver apa balance.. pilih yg balance. ram 2gb cukup kok pes doang

    mas Ego:
    driver nvidia bisa kok, tapi yang intel dulu baru install yg nvidia... untuk kamera ga usah gan.. udah keinstall sendiri kok

    @made noval:
    maksudnya apa gan? -__________-"
    coba cari tutorial install windows pake usb.. untuk masuk bios teken fn+f2

    BalasHapus
  30. bisa liat msinfo32 nya agan yg bagian display

    BalasHapus
  31. @Ego Yuniantoro:
    ini gan
    Intel HD: https://www.dropbox.com/s/b63ovw4v24wvwla/hd.PNG

    Nvidia:
    https://www.dropbox.com/s/dynqfzgqtya801h/nvidia.PNG

    BalasHapus
  32. kok punya saya intel doank ya gan?
    bisa kasih tau?

    BalasHapus
  33. gan pak eg400s yang i3, kok bluetooth ga bisa.
    ga kedetect sama bluetooht dari device lain ?

    BalasHapus
  34. halo mas,..nice review,..ane juga br beli type yg sama,..
    beli OS win7 ori,..
    nanya, itu klo grapic properties emang yg kebaca intel doank yak walaupun dah setting prefered ke NVIDIA semua?
    trus NVIDIA control panelnya emang cuma ada 3 sub menu ya?nga ada setting warna kyk yg intel.
    sama satu lagi ane nambah RAM 4G lagi, jadi total 6G,..apa yg run cuma 4G atau total 6Gnya run semua?
    thanks gan

    BalasHapus
  35. ini power buttonnya emang ga nyala kan ? apa cuma ane doang ?

    BalasHapus
  36. Gan klu boleh tau BEC nya di mana yang dapet banyak bonus seperti kata agan :D

    BalasHapus
  37. gan ane mau tanya donk.. ko setelah ane selesai instal win 7 di laptop baru ane.. bukannya langsung masuk ke windows tapi malah yg muncul logo lenovo trs booting lg, logo lenovo lg trs bootig lg, itu kenapa ya gan.. terima kasih

    BalasHapus
  38. gan ane baru beli, instal os win 8 tp touch pad kug g jalan, udah brkali2 instal driver, step2 instal driverx gmna, ud jga upfate yg bwat win 8 jga g bisa

    BalasHapus
  39. kalo saya baru beli yg seri i3 pake windows 7 bajakan diinsatalin sama tukangnya lengkap drivernya juga tapi bayar 150rb

    BalasHapus
  40. mas mau nanya
    wifi saya punya masalah dgn aktifasinya
    gimana cara mengaktifkan wifi yg awal nya (turn off)
    terima kasih

    BalasHapus
  41. Pake win7 wi-finya kgk berfungsi..Klo liat Device Manager driver buat Ethernet Controller n Network Controller kgk terinstall..Bingung pdhl pake driver installer hsl download dr situs resmi Lenovo, tp kgk kedetect..Ada Saran? mksh seblmnya

    BalasHapus
  42. Mas, mau tanya apakah laptop g400s i3 anda, body nya aga rapuh ga mas? soalny sy baru beli, cuma ko body nya ga kokoh gt ya..?

    BalasHapus
  43. klo kondisi laptop ane saat ini:
    1. power button nampaknya emang nga nyala
    2. kebetulan install 2 OS, win7 ama win8,..yg win7 semua driver setelah di update pada normal kok, wifi, bluetooth,dll, sampe indicator brigthnes dan speaker pun muncul. masalahnya klo pake win7 itu optimus NVIDIAnya kyknya nga fungsi, kudu setting manual mana aja program yg perlu pake NVIDIA,.klo di win8 semua driver sudah berfungsi normal
    3.bodynya nga rapuh sih, tapi kyknya klo diangkat dari satu sisi aja agak2 letoy,..kyknya chasis bodynya kurang kokoh.


    ini laptop klo pake OS win7 masih bisa kok pake CD driver win8 bawaanya, hanya saja indicator brightness dan speakernya nga muncul, dan VGAnya antara intel dan NVIDIA harus manual, nga otomatis switch,..

    overal puas ama ini laptop, dipasang 2 OS lancar jaya,..

    BalasHapus
  44. punya sy G400 i3-3110 M mantap gan dgn os Win 7 ultimate, semua tombol n operasi berjalan lancar.
    Cm mau nanya gan, maks upgrade RAMx bs brp G? n baikx kedua RAMnya keduanya sm besar ato tdk masalah klo ttp 2 G, n yg satunya lg 4 G ato 8G?
    Mksh gan atas pencerahannya

    BalasHapus
  45. Ane baru 1 bln lalu beli G400 i3-3110 M cm 4jt pas n dah bonus mouse optik, kipas usb, n pelindung keyboard plus instal os bajakan Win 7 ultimate n aplikasi lainnya. pokoknya pake laptop ini puas gan n sesuai dompet ane

    BalasHapus
  46. gan ane baru dikasih nih g4oos nya, installnya gimana ya,,, kan dsuruh set tgl sama waktu trus ada command-2 gitu gimana ya...

    BalasHapus
  47. gan, ane baru beli nih G400s nya, nginstall windows 8 gimana, kok ane colokin pake Flashdisk gak bisa?

    BalasHapus
  48. @ALL
    maaf ya semua, ane jarang buka blog lagi, mahasiswa sibuk *dota* sih hehe.. ane coba jawab satu-satu ya

    Bluetooth:
    Bluetooth di lenovo mesti di pairing dulu gan, kecuali untuk device kaya mouse atau headset. Untuk nyalain coba ke pc setting trus cari wireless connection... kalau mau setting lebih lanjut bisa search bluetooth setelah bluetoothnya dinyalain. kalau win 7 mesti manual dari control panel gan... *lupa, dulu pernah nyoba

    Lainnya:

    Masalah install OS: cek komen atas lagi gan, kalau masuk bios, pas logo lenovo pencet fn+f2, trus atur storagenya mau yang mana (kalau make FD)

    masalah build quality: maklum plastik gan, tapi menurut ane kualitas lenovo ya ngga tahan jatuh/banting kaya asus... tapi kalau agan ngerawatnya bagus dan dikasih pelindung bagus2 aja kok gan... kalau di pegang satu tangan emang agak kerasa plastiknya ga bisa nahan beban *maklum plastik aga lentur*... tombol on/off memang ga nyala karena itu di print -_-, tombol one key recovery sebelah on/off cuma jalan di windows 7 kalau ga salah

    Driver:
    kalau yang lenovo ngga jalan, cobain gini cara manualnya:
    - buka device manager, cari ikon yang masih ada tanda seru (biasanya yang error2/ga jalan)
    - masuk ke propertiesnya, copy hardware ID-nya, cari di google
    - nanti dapet nama hardwarenya apa, meskipun drivernya yang rilis vendor lain (selain lenovo) biasanya sih bisa dipake drivernya kan jeroannya sama (tested kok gan)

    tambahan kalau make win 7:
    coba cari aplikasi buat pengganti fn-nya, karena mesti jadi manual kalau pake 7 (nyalain wifi, bluetooth, brightness dll)

    tambahan untuk win 8 atau 8.1:
    untuk 8.1 kayanya berat banget, ane biasa visual studio bikin aplikasi lancar.. semenjak nyoba 8.1 aga berat dan nyobain performance test ya gnurang buat game
    untuk yang sering nge-freeze (kasus temen ane), coba bikin power management baru (klik ikon batre di pojok kanan bawah, ada balanced/power saving kan?) nah bikin baru dengan kapasitas prosesor 50-70%... emang boros sih tapi biar stabil gan soalnya di temen ane ganggu banget

    saran: update ram ke 4GB atau lebih buat win 8.1

    bootloop (ngulang-ngulang lenovo terus pas dinyalain): install win 7nya belum beres tuh gan, coba diulangi lagi... dulu ane install win 8 pertamanya gitu juga kok.. trus coba lagi langsung oke (y)

    Nanya BEC toko laptopnya dimana: fast n cheap coba gan, ya tawar2 dulu minta bonus ke yang jaganya, ane juga gitu sih dulu makanya dapet banyak

    masalah RAM: ane saranin beli ram yang speednya sama kaya stocknya, jangan asal murah kapasitas gede, beda besarnya ngga apa-apa kok

    NVIDIA Optimus di win 7: hampir ga jalan sama sekali (nasib, gatau kenapa; kayanya dari nvidianya), memang harus daftarin aplikasi apa aja yang butuh grafik kenceng *nasib nasib*


    maaf berantakan, ane bantu disini berdasarkan pengalaman ane sendiri + hasil googling... semoga membantu :)

    BalasHapus
  49. Gan saya baru beli lenovo g400s corei3,masalahnya fd yang saya masukin kadang ke baca kadang engga,knp ya?

    BalasHapus
  50. mas faris could you help?...ane upgrade ke win 8.1 pro,..eh malah optimus NVIDIA nga jalan, udah instal ulang VGA driver tetep nga jalan,..set manual juga nga bisa tuh, padahal di propertis dan ter- installed NVIDIA,..
    masalahnya apa ya,.ane dah update juga driver NVIDIA terbaru,..masih nga bisa juga,..apa kudu nunggu NVIDIA keluarin driver khusus win 8.1 yak?thanks
    trus, win 8.1 emang rada lambreta dibanding win 8 yak?

    BalasHapus
  51. @mas imron: kebetulan ane juga mengalami masalah yang serupa, awalnya ane update ke 8.1 via windows store. VGA intel ke-update dengan yang bawaan seri haswell tapi nvidia-nya jadi ngga jalan... solusinya download yang baru dari nvidianya; (di replace aja, jangan ditimpa... yang lama uninstall, trus install yg baru)

    optimusnya kadang gagal detect aplikasi yang butuh grafis kenceng sih make driver lama di 8.1, jadi mesti manual klik kanan trus run with high performance graphic processor

    biar agak cepet matiin aja windows transition animation (animasi kalo windows ditutup yg ngecil), untuk RAM aja win 8.1 ngabisin 2 GB buat stand by doang <- seriusan, padahal background cuma driver + IDM, kayanya emang wajib upgrade RAM sih kalau mau nyoba 8.1

    BalasHapus
  52. @mas ichan
    coba masuk bios, pas logo lenovo pencet fn+f2... cek storagenya, nyantol apa ngga... kalau ga kebaca mungkin FDnya yang memang kenapa2 (kalau ngga ya colokannya gan)

    BalasHapus
  53. saya juga punya laptop lenovo g400s, tp OSnya bawaan win 7 starter, mau d ganti sama yg ultimate msh ragu, masuk BIOS nya ga tau.tp untung ada yg ngasih tahu tekan fn+f2. kira2 laptop lenovo bandel tidak yaa???? klo d pakai maen game apa ada efeknya? maen game nya ga lama sich...

    BalasHapus
  54. wah daripada win 7 starter mending ganti aja gan, banyak fitur 7 yang bagus ngga ada...

    laptop lenovo bandel kok gan, ane main naruto full burst 3 (lumayan berat karena ngabisin RAM) 12 jam oke-oke aja

    BalasHapus
  55. Mas, laptop lenovo g400s saya kok nvidia nya nggak bisa diinstal ya
    , saya pake win 7 ultimate, apa harus pake win 8??

    BalasHapus
  56. ^ bisa kok, coba diurut dulu vga yg intel baru nvidia... kalau ngga cek driver yg khusus 7 di webnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah saya download, tapi tetep aja gak bisa, apa lenovo saya yang nggak ada nvidianya, soalnya di laptop mas kan ada logo nvidianya, kalo laptop saya nggak ada logonya, tapi di control panel ada nvidianya, menurut mas ada nvidianya gak ??

      Hapus
  57. Kebetulan rencananya saya emang mau beli ini, udah butuh buat kuliah sama pengen sekalian cari yang ga berat buat gaming (tapi kata ortu harus yang murah -_-)
    udah baca komen-komen diatas dan saya banyak dapet ilmu :D
    jadi pertanyaan saya adalah, kalo saya udah beli barangnya, bagusan install win 7 apa win 8?
    Karna kayaknya banyak yang bermasalah sama drivernya nih.
    saya pengen win 7, tapi takutnya malah bermasalah. kalo win 8 , saya ribet makenya, terus takutnya banyak app yang belum di dukung.
    Mohon bantuannya mas faris..

    BalasHapus
  58. @mbak atika
    wah kalau bandingin 7 sama 8 sih ada 3 yang kerasa bedanya, waktu pake 7, laptop lama booting sama aga anget kalau main game.. tapi aplikasi masih banyak yg kompatibel.. kalau 8 sih yah modern, cepet tapi harus pakai compability mode buat aplikasi lama..


    buat kuliah? matlab, visual studio, corel draw photoshop bisa kok dan lancar2 aja di win 8 :)

    mungkin masalah driver karena ngga sesuai urutan/belum update aja rata-rata...

    *ane denger ni produk udah discontinue alias ga dibikin lagi katanya (mau diganti jadi yang prosesornya haswell) mungkin varian yang mirip g410 atau seri b..

    BalasHapus
  59. untuk masuk bios selain Fn+F2 ada lagi ngga caranya gan???
    dah nyoba2 itu xx ngga masuk2 juga

    BalasHapus
  60. cuma itu caranya gan... coba aja googling gan, kalau tombol fn-nya ga kebalik pencet f2 aja

    BalasHapus
  61. Wifi G400s saya gk bisa di aktifin. padahal udah di instal wlan nya. Kenapa ya gan?

    BalasHapus
  62. coba cek ke device manager gan, (ctrl+x -> device manager), kalau udah keinstall qualcomm atheros wireless adapter di network adapter, harusnya udah bisa.. kalau masih tanda seru, coba cari driver ke web lenovonya

    BalasHapus
  63. Iya mas, udah beli yang g410, karna yg 400 udah ga ada. RAMnya 2gb, buat mainin game kayak assassins creed bisa ga?
    yang ini pake AMD radeon,
    cuma waktu saya pake mainin dragon nest, yang jalan kayaknya malah intel graphic. saya rada gak ngerti, tapi gimana caranya biar bisa main pake vga?

    BalasHapus
  64. iya gan barusan aku beli g410-0016 ternyata, install driver vganya kok sulit ya. aku pakek w7 download dari web lenovo gak bisa, dari amd radeon gak bisa juga. ada yg tau solusinya gmn?

    BalasHapus
  65. Minta tolong pencerahannya gan..apa saran agan untuk merk ram yg cocok untuk lenovo g400s

    BalasHapus
  66. kalo cara menginstal ulang lenovo g400 gimana gan , ane bingung nih , maklum baru pegang windows .

    BalasHapus
  67. Gan mau tanya lenovo g400 ini bisa gak buat maen game-game berat ?? Ex:Fifa 14,pes 14,crysis 3,gta 4,mafia 2,watchdogs

    BalasHapus
  68. @elvin
    bisa kok, semua yang agan sebut pernah ane coba.. tapi assasin creed 4 harus low semua -.- *ramnya udah ane ganti 4GB sih

    BalasHapus
  69. mas saya mau tanya dong. saya pake g400s, saya pake win7. di cd drivernya ada VGA nvidia saya coba instal yg 32bit atau 64 bit ko ga bisa yah ada tulisan this graphics driver could not find compatible graphics hardware. terus saya coba instal corel juga ga bisa. saya mau coba instal pes bisa ga yah?? mohon pencerahannya mas, saya sangat kebingungan hehehe

    BalasHapus
  70. Gan ko klo Laptop w Scornya cman 4.6 sih tu yg kurang apa yah???

    BalasHapus
  71. Iya mas, udah beli yang g410, karna yg 400 udah ga ada. RAMnya 2gb, buat mainin game kayak assassins creed bisa ga?
    yang ini pake AMD radeon,
    cuma waktu saya pake mainin dragon nest, yang jalan kayaknya malah intel graphic. saya rada gak ngerti, tapi gimana caranya biar bisa main pake vga?

    BalasHapus
  72. mas numpNG tanya saya punya G400s I3 bisa engga di jadiin layar sentuh

    BalasHapus
  73. punya saya kenapa gak bisa diisi pes 2013 gan.??
    mohon bantuannya.. :)
    makasih.. :)

    BalasHapus
  74. udah aku instal windows 8, terus aku isi pes, setelah di instal ada tulisan erorr gitu, ada tulisan internal erorr, cannot access 64-bit registry keys on this version of window..
    mohon bantuannya gan..
    makasih.. :)

    BalasHapus
  75. @noor rohman
    nginstall cracknya mungkin belum bener gan, belum install driver.. di temen ane leptopnya bisa tuh serinya sama

    abis install windows, install driver dulu gan jgn lupa

    BalasHapus
  76. @bayu
    kalau jadiin touchscreen ga mungkin gan -_- memang harus beli yang seri touch screen karena itu layarnya aja udah beda

    BalasHapus
  77. kang mohon bantuannya aktifkan wifi untuk G400 ini, nuhun. Yudi

    BalasHapus
  78. @esti ariffah
    harusnya setelah install driver bisa lsg jalan..


    kalau masih ga bisa coba klik kanan logo wifi/monitor ada silang x-nya, klik open network and sharing center.. pilih change adapter setting, klik kanan yang wi-fi, pilih enable (kalau dimatiin system/masuk safe mode)

    BalasHapus
  79. Spesifikasi : Lenovo G400s, Intel Core i3, RAM 2GB, Intel HD 4000, Windows 8 (bajakan)

    Kok tidak bisa di instal PES 2013? Padahal dari spesifikasi udah cukup buat bermain game PES 2013. Pas di klik autorun nya malah nggak muncul apa-apa. Solusinya gimana? Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  80. Gan..akenpa di konekin ke speaker aktif suaranya ga jelas gitu..??
    Thanx

    BalasHapus
  81. @hanswill
    kemungkinan karena port untuk soundnya digabung sama mic gan, kan ini jacknya sama dengan yang hp (yang jacknya ada 3 garis dan ada micnya).. tapi di ane bisa aja kok gan make speaker aktif

    BalasHapus
  82. trus gan solusi nya apa donk???
    Plis
    hehehe

    Thanx

    BalasHapus
  83. gan gua make lenovo core i3 type g400s tap gua kgak make invidia dan kalau saya lagi ngerjain tugas di word atau exel
    kalau panes gak bisa di save dan kalau udah lama saya mau buka my computer kgak kebuka dah pdhal gua udah klik bnyk banget
    solusi dong gan baru make sebulan soalnya

    BalasHapus
  84. @yosepin
    kalau diklik tapi lama terbuka kemungkinan RAM-nya udah sesek, solusinya bisa nambah RAM lagi (bawaan kan 2GB, bisa ditambah karena ada 1 slot lagi kosong)

    kalau microsoft word/excel kemungkinan kesalahan install, laptop saya belum pernah kena masalah dengan microsoft officenya :D solusinya mungkin bisa install ulang microsoft officenya atau update ke yg paling baru

    BalasHapus
  85. gan..maap ni..solusi na gimana yaa gann

    Pliss
    Thx

    BalasHapus
  86. bro kok punya lu itu ramnya 4gb tp kok punya gw cuma 2gb mohon pencerahannya gan @_@

    BalasHapus
  87. sama mau tanya lagi nih ini merk lengkapnya lenovo apa ya gw masih bingung lupa nyatet pas belinya gan ,, thanks...

    BalasHapus
  88. @hanswill
    coba dolby advanced audionya diinstall, atau ganti colokan speaker aktifnya gan

    @handuto
    ane beli tambahannya pas beli pertama, sekarang ramnya udah 8GB malah ane tambah lagi untuk urusan kuliah. kalau yang sekarang mungkin seri g410s, yg g400 udah ga diproduksi kalau ga salah

    BalasHapus
  89. ane punya g400s... skarang pakai windows xp... knapa vga tidak bisa diinstal....? tolong dong...!!!

    BalasHapus
  90. ane skarang pake g400s, windows xp.... gimana instal vga nya?

    BalasHapus
  91. @baharuddin ali
    seinget ane utk vganya ga ada drivernya untuk XP gan, karena memang ga disupport sama nvidia & intelnya... coba aja cari supportnya di google, ane juga blm coba xp di laptop soalnya

    BalasHapus
  92. mAS punya saya kok belum bisa di install os usb udah bener < cuman waktu mau booting keluar date and time

    BalasHapus
  93. mas... waktu itu saya beli baru lenovo g400s . trus dari tko blum di instal OS nya. saya instal sndiri, awal.nya saya tekan fn+f2 itu berhasil masuk bios, trus saya setting boot priority-nya ke usb HDD, trus saya coba , malah nggak bisa gan. habis itu saya restart, trus saya coba masuk bios setup lagi.. eh mlah nggak bisa justru masuk DOS lagi. saya coba berulang2 . nggak bisa lo mas. gimana ini ? mohon jawaban.nya . trimakasih

    BalasHapus
  94. @sigit
    ane belom pernah bisa install os via usb hdd gan, mungkin coba pakai flashdisk aja

    urutannya (dari masih kosong/dos):
    1. colokin fd isi installer OS yg bootable ->
    2. nyalain, masuk ke bios ->
    3. ganti urutan bootnya ke fd dulu ->
    4. restart ->
    5. install os yang mau agan install (partisinya dll) ->
    6. beres install, masuk bios lagi ganti ke hdd laptop ->
    7. bisa

    semoga membantu gan

    BalasHapus
  95. cara pasang kamera yang bagus download dimana ? nama kameranya apa gan untuk laptop ini

    BalasHapus
  96. @worlds of me
    driver kamera udah ada bawaan windows kalau ngga salah, dan kualitas kamera bisa ditingkatkan dengan penggunaan di ruangan cukup cahaya... nama webcam untuk laptop ini ane krg tahu soalnya

    kalau masih dirasa kurang, bisa beli webcam usb yg lebih bagus lg gan

    BalasHapus
  97. Mas, sy baru beli lenovo g400s tapi koq batrena cuman mentok di 60% (plugged in, not charging) T_T
    udh dikalibrasi tapi masalahna tetep sama.
    gimana ya mas? mohon bantuannya..terima kasih

    BalasHapus
  98. @nicnarz
    Coba cek kondisi baterai dengan aplikasi speccy/yg lain, lihat kondisi baterainya (kalau baru kondisinya 100%-90%, takutnya refurbished alias bekas dibungkus baru). Kalau masih diatas 90% masih baru sih itungannya dan install os lagi/kalibrasi.. salah satu tips simpel kalau ngga ngecas http://www.wikihow.com/Fix-a-Laptop-that-is-not-Charging


    kalau msh ga bisa coba cek ke service center, takutnya memang masalah kelistrikannya. kalau garansi gratis kok gan

    BalasHapus
  99. gimana cara nginstal dolby soundnya gan di lenovo g400s,soalnya saya search di laptop saya tidak ada dolby sound

    BalasHapus
  100. mau tanya knapa windows 7 home premium yg 32bit tidak bisa di istall di lenovo g400s..mohon bantuannya

    BalasHapus
  101. pengen beli..tpi ga isa..malah beli adiknya..tpi gapapa ga klah bgus

    BalasHapus
  102. @dodhy
    di cd-nya ada kok driver dolbynya gan :D (bareng intel kalau ga salah satu paket)

    @Wendy
    bisa kok, cuman sayang prosessornya bisa 64-bit pakai yg 32 bit..aplikasi sama kapasitas ramnya jadi ga optimal. drivernya juga udh disediain di web lenovo kok

    BalasHapus
  103. @nicnarz
    Coba buka lenovo energy management di sudut kanan bawah. yang warna orange itu.. Setelah itu klik yang bagian battery settingnya (gambar baterai). Kemudian muncul kotak pengaturan baterai, nah disitu kan ada dua mode, battery fully charged mode sama battery protection mode. Pilih yang battery fully charged mode. Smoga Membantu

    @Admin, Ane kok ga secerah kualitas foto webcam yang agan punya di atas. Punya ane gelap banget, muka ga kelihatan malah. Ane pakai Youcam.

    BalasHapus
  104. @the exorcist
    wah? emang berarti ni webcam agak-agak parah -_- ane skype biasanya sih mesti di teras rumah biar keliatan.. belum nyoba sih youcam cuma pakai aplikasi kamera bawaan win 8 ga burem banget

    BalasHapus
  105. gan faris,
    mau tanya, saya sudah download driver untuk kamera di Lenovo G410. Tapi kenapa setelah saya install kenapa kameranya masih gak ke detect ya??
    apa saya harus download aplikasi lain untuk mengaktifkannya??sekedar info, OS yg saya pakai Windows 7 64bit
    Mohon pencerahannya...Terima kasih

    BalasHapus
  106. @jali_jankung
    kameranya ngga usah diinstal driver (linux, win 7 sama win 8 ga perlu make tambahan driver lagi). harusnya sih udah bisa gan, coba install aplikasi foto via webcam atau gampangnya cek via omegle/video chat..

    beberapa web foto via webcam online kalau males install aplikasi buat tes:
    webcamtoy.com/id/
    www.pixect.com/
    www.cameroid.com/

    BalasHapus
  107. mas faris, pernah ngalamin hdmi problem d g400 nya g?
    saya colok hdmi, layar tv nya flicker gtu, padahal layar laptopnya normal2 aj.
    kalau dcolok k laptop lain jg normal2 aj.
    kira2 kenapa bisa gitu y mas?

    BalasHapus
  108. Mas,,,aku sudah install driver vga intel nya lalu aku lanjut untuk install vga nvdia nya...tapi kenapa muncul notif "this graphic driver could not find compatible grpahic hardware"

    apa yang salah sama hardware saya?

    thanx

    BalasHapus
  109. mas, knp gitu masuk bios, dia gk mau masuk ke cd. dia malah lgsg masuk windows langsung. ini mau install ulang

    BalasHapus
  110. @rafiqi
    wah sampe sekarang belum pernah ada masalah sama hdmi/vga outputnya gan.. flicker kemungkinan karena refresh ratenya beda atau kabel/port bermasalah

    @jaka
    kemungkinan beda versi drivernya, kalau yg di cd ga bisa cobain yg dari web lenovo lsg aja.. *ane sih pakai win 8.1 tapi drivernya comot dari webnya biar update

    @japinter GI
    boot prioritynya sudah diatur? kalau udah mungkin cdnya juga belum dibuat bootable/bisa dibaca pas booting

    BalasHapus
  111. Mas apa karna di deket keyboard nya gak ada stiker nvdia nya yah???

    BalasHapus
  112. gan cara screenshot nya gmna di g400 ?

    BalasHapus
  113. @jaka maulana
    dari beli ngga ada? kemungkinan emang ga ada nvidianya kalau gitu :v coba cek pake cpu-z download aja

    @Firmansyah Wau
    kalau windows 8 tinggal logo windows+prtSc, kalau versi lain ctrl+alt+prtsc. kalau males bisa pakai aplikasi snipping tools (untuk versi pro aja).

    tombol prtsc biasanya di pojok kanan atas

    BalasHapus
  114. gan, ane mau tnya cara buka casing g400 gmn ya? ni bingung mau upgrade ram sendiri,,, hehe

    BalasHapus
  115. gan, ane kan pake lenovo g400s yang i5. sekarang laptopnya masih terpasang win 7 32 bit, rencana mau ganti OSnya jadi win 8 64 bit.. compatibel gak tuh laptopnya buat dipakai yang 64 bit?

    BalasHapus
  116. gan tipe ram yang support di G400s apa ya ? ane mw upgrade sendiri soalnya

    BalasHapus
  117. @afif fuadi & Ica Sukarna
    kalau mau buka sendiri, buka aja cover di belakang yang deket speaker (pakai obeng yg kecil biasanya buat elektronika gitu).. yang bawaan kan 2 GB SODIMM DDR3 PC12800 (saran saya sih pake yg 12800), udah nyoba yang pc10600 bisa dipakai cuman lelet, yg pc16000 belum coba tapi harusnya bisa (ane ga berani jamin meskipun lebih cepet). RAM maksimal 8 GB (menurut speknya sih, sy aja sering main game paling 4.5 GB, rendering 7 GB :P)

    mau gabungin beda seri ram (misal PC12800 sama PC10600), bisa aja, ane udah nyobain, cuman hati2 bisa2 sistemnya ga cocok & bikin lelet (parahnya sih beda tegangan malah rusak).. mending lsg beli yg dual channel atau minimal satu seri (pc12800 sama 12800 lagi)

    @aditya dharma
    i5 bisa kok untuk 64 bit, kecuali upgrade dari 32 ke 64.. mesti install ulang

    BalasHapus
  118. mas mau tanya, laptop saya g400s core i3 tanpa nvidia, menurut kamu, seri ini 32 bit apa 64 bit??
    tolong bales, terima kasih

    BalasHapus
  119. @fikri
    i3 bisa kok 64-bit, sekarang sih aplikasi kan udah banyak jenis yang khusus 64 bit.. mending 64 bit aja (liat driver juga sih, kalau ngga disediain 64 bitnya mending tunggu dulu)

    BalasHapus
  120. gan ane beli lepi ini tpi cumn dpt hd 4000, misal beli Nvidia sendiri apa bisa??

    BalasHapus
  121. ask.
    baru tau kalo ada partisi pbr_drv.
    semisal tidak dihapus, ini partisi muncul di explorer tidak ya.
    kalo semisal di hapus, bisa dikembalikan lagi tidak ya?

    BalasHapus
  122. gan numpang nya nihh laptop ane intel core i3 g400s gue pke windows 8.1 waktu mau instal driver nividia g jadi yg bisa d instal hx intel aja...
    apa gue harus kmbali ke windows 8..?
    gmna caranya untuk mengetahui ada grapic intel dan nividia di lenovo...soalx yang muncul hx grapic intel aja gan...mohon pencerahannya

    BalasHapus
  123. laptop ini 32 bit ya gan, sedangkan saya instal solidworks harus 64 bit, gmna ya? spa harus diubah ke 64 atau gmna.. terima kasih

    BalasHapus
  124. @temon abdel
    wah ini bukan desktop pc gan, ga bisa lsg upgrade videocard sendiri.. perlu di solder sama harus ada tempat di motherboard laptopnya.

    @efan soe
    rasanya dulu ada partisi bawaan dari laptop oem2 apa gitu, 300mb doang isinya data2 laptop dari pabrik. dihapus juga gapapa kok ngga ngaruh garansi/apa2.. mungkin pbr_drv juga sama, kalau ga ngaruh ke sistem hapu aja gan

    @umbu artven
    cara paling gampang cek driver nvidia atau ngga sih dilihat aja, ada stiker nvidia sebelahnya intel atau ngga, atau kalau mau cek detil isi laptop bisa pakai cpu-z (http://www.filehippo.com/download_cpuz/) atau speccy (http://www.filehippo.com/download_speccy)

    @rizka
    sebenernya bisa sih jalanin aplikasi 64bit di sistem operasi 32bit, menggunakan emulator virtual kaya vmware, tapi berhubung aplikasinya berat kaya solidwork, mending install ulang ke win 64bit & instal2 lagi drivernya terutama graphic card.

    BalasHapus
  125. mau tanya dong, saya kan beli laptop lenovo seri g40-45..
    trus saya coba pakai bluetooth nya, tapi ko gk bisa detek ya ke perangkat lain seperti hp maupun pc lainnya..?
    mohon pencerahannya ya gan..:-)

    BalasHapus
  126. @Sandhy
    sudah coba di pair? kalau pakai windows 8 coba arahin pointer mouse ke ujung kanan, pilih pc setting ->change pc settings->PC & Devices-> nyalain bluetooth-> pair ke gadget yang mau dihubungin gan

    mungkin ini berguna gan: http://windowstechies.com/connecting-windows-8-1-bluetooth-device/

    BalasHapus
  127. Mas.dolby di laptop saya hilang bekas install ulang windows 7.dan saya mau install dolby lagi kenapa gak bisa ya ?

    BalasHapus
  128. mas, lenovo seri g40-45 memang gk bisa ya di install windows 7? disini ada gk yg berhasil install win 7 di laptop ini..?
    mohon pencerahan nya

    BalasHapus
  129. Mas laptop saya yg seri i3 udah 1 tahun 2 bulan-an lah Make ini laptop, ane pake ini buat design photoshop, film dan gaming, kemarin saya download film HD sizenya aja sampai 3gb setelah saya nonton film tsb LCD laptop saya kaya error dan setelah itu layar cuma ada warna merah biru hijau hitam putih dan kuning bergantian warnanya, ohiyah beberapa hari yg lalu jg itu laptop jatoh dari meja tapi keadaannya di dalam tas apa itu salah satu yg bikin LCD ane problem? Mohon pencerahannya suhu ane sayang bgt dan butuh bgt laptop ini :(

    BalasHapus
  130. > blibli
    coba cek lagi cd drivernya mas, kalau sudah diupdate memang dolbynya bakal kehapus dengan driver bawaan realtek

    > vestblog
    bisa kok, coba setting bootnya diganti jadi legacy kalau masih ga bisa

    >Amru
    Kemungkinan sih kabel flexnya rusak, ganti kabel flex sekitar 70rb di service center (temen ane yg pernah benerin). kalau sampe ganti lcd agak mahal gan bisa sampe 500-700rb

    BalasHapus
  131. kak mau nanya dong.. kan aku pke nb lenovo tapi kok camnya ga bs berfungsi kalau main omgle, tapi kalau main skype bisa. itu knpa ya?

    BalasHapus
  132. mas, kok cam lenovo G40 45 ga bisa ya?
    yg tau mohon pencerahannya..!!

    BalasHapus
  133. mas saya baru aja beli lenovo g400. sya colok hedset k laptop pertam brfungsi saya cabut sbntar. pas saya msukin lagi headset k laptopnya kok udah g brfungsi? saya cb dg headset lain sm saja.. kira2 apanya yang brmaslah. mohon bantuannya. trimakash...

    BalasHapus
  134. @rizka
    mungkin belum diatur untuk diperbolehkan menggunakan camnya di flash. tapi kameranya berarti berjalan dengan baik.

    @mahameru
    kalau menggunakan 8.1, bisa mencoba dengan aplikasi bawaan kameranya.. kalau menggunakan windows 7 coba download driver di webnya mas

    @nurul
    coba masuk ke device manager via control panel atau win+x, kayanya audio portnya ke disable.
    kalau masih ngga bisa coba install ulang atau ke safe mode.

    BalasHapus
  135. pertama review posting tahun 2013,nah gimana keadaan laptop anda gan saat ini di tahun 2015? batrenya masih kuat berapa jam? atau ada kendala apa saja selama ini?

    BalasHapus
  136. @banyu
    karena ane penggunaannya dijaga (baterai tidak pernah dicopot, kalau dimatikan selalu dicabut dari charger, debu dibersihkan tiap 3 bulan, dll) kondisi laptop masih prima ngga ada yang aneh2.

    baterai juga masih wajar karena waktu pertama beli sekitar 4 jam, sekarang masih 2-3 jam untuk pemakaian ringan, 1,5 jam untuk pemakaian berat seperti game.

    BalasHapus
  137. Gimana cara turn on wifinya ??
    Ane pke windows 7

    BalasHapus
  138. @devilee40
    coba ke device manager, klik kanan-> turn off wifi connection kalau ga salah

    BalasHapus
  139. mim klok repair laprop yang gagal update bios tuh gimana ya

    BalasHapus
  140. Min nvidia itu berbentuk cd bukan?, masalahnya saya gk dapet nvidia!

    BalasHapus
  141. saya juga baru pake lenovo s210, baru coba menggunakan merk ini

    BalasHapus
  142. mat pagi, saya pake Lenovo G400. tetapi tidak bisa koneksi internet / wifi. bagaimana solusinya ?

    BalasHapus
  143. maaf karena baru update lagi blognya, jadi ngga sempet bales sampe setahun lebih.

    @sandika:
    harus di flash mmc motherboardnya, tapi gatau service laptop biasa bisa apa ngga kalau non resmi

    @yusuf:
    itu vga om, yang ada di dalem laptopnya modul buat memproses grafis

    @nong:
    sudah install driver wifi/modem yang dipakai? kemungkinan sih belum terinstall dengan benar

    BalasHapus
  144. halo saya Evelin, saya juga beli lenovo G400s yang core i3 sudah dari 2015, maaf mau cerita2 sedikit.
    Pas setengah tahun lama-lama suka hang tiap jalanin program, lalu pernah saya lagi codingan di notepad++, pas di run hang dan akhirnya gabisa nyala, cuma bisa tampil tulisan awal 'lenovo' kalo dinyalain. Akhirnya masuk ke dos. Diutak-atik gabisa normal lagi akhirnya ke service dan ganti hardisk, karena katanya udh kena partisi.

    Setelah ganti hardisk tiba2 ms.power point suka ke close sendiri (not responding trus suddenly close) kalo mau slide show dan custom animasi, udah di install-uninstall ulang ms officenya tapi tetep power pointnya masih error, ms office yang lain tdk. Sekarang sudah sekitar 4 bln sejak ganti hardsik, mulai sering hang lagi.

    Ada yang bilang win 8.1 emang ga pas kalo dipake sama intel core i.3. apakah itu berpengaruh?
    Ini memang laptopnya begini atau case khusus aja ya? soalnya ga nyaman banget nih tiap lagi ngapain (biasa dipake ngoding dan ms.office krn saya anak SI), sering banget not responding jadinya makan waktu, hhehe.

    Mohon bantuannya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak evelin,kalau suka hang sendiri setelah menjalankan program (setelah install ulang OS) biasanya memang sudah masuk ke "daleman" seperti motherboard, hdd, dll.

      Hmm, saya sudah pernah pakai laptop ini dengan berbagai OS Windows (7, 8, 8.1 dan sekarang 10) juga linux (ubuntu dan debian) baik-baik aja. Kemungkinan besar RAMnya kurang mbak kalau hanya sampai force close saja, saya juga dulu waktu masih menggunakan RAM 2GB untuk koding di visual studio atau netbeans sambil membuka pdf viewer dan browser sering lag sampai kadang hang beberapa saat (tidak sampai FC). setelah saya upgrade ke 8GB, lebih terasa lancar untuk multitasking dan menjalan aplikasi berat.

      Mungkin saran saya selain install ulang windows mbak (10 masih oke, tapi 8.1 lebih ringan), juga perlu menambahkan RAM minimal 4GB (bawaan hanya 2GB, dan ada slot 1 lagi tinggal beli yg PC12800 kira-kira harganya 200-300rb).

      fyi, laptop saya masih sehat belum ada masalah padahal running 24/7 selama sebulan haha, cuma baterainya saja bocor. Asal rajin dibersihkan tiap 6 bulan dan penggunaan tidak jorok awet kok mbak.
      thanks sudah mampir

      Hapus
  145. gan punya aku kok sering gk keluar suaranya ya pas, pake w7

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba uninstall driver sound di device manager, trus install lagi download dari situs resmi drivernya. biasanya sih kadag drivernya ga jalan mesti install ulang aja

      Hapus
  146. gang,,, bole ga minta dvd drivernya, lepto ane sama agang pnya tu, kasi link aja yar ane donlod, sblumx trimkas gang

    BalasHapus
  147. G400s Core i3, seting brightnes/(cerah/redup) ga berfungsi di OS Win7, mohon bagi solusinya agan2.. trm ksih...

    BalasHapus
  148. punya gw.. i3-3110, msh lancar jaya (lanjay)... layar, keypad, charger, batere 1,5-2 hour, USB Port.. skrg HDD up to SSD 240, HDD lama ganti CD-ROM with HDD Caddy 9.5.. App andalan AutoCAD, 3DsMax, P-Shop, Office tentunya, 3D-Civil.. (Gak speedy lagi, tapi msh bisalah..) Moga-moge, Insya Allah msh lama umurnya..

    BalasHapus
  149. Kak, kalau bagian screenshoot diamna dah?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menggunakan Stik PlayStation 3 (DualShock 3) untuk Windows PC [Indonesia]

Tutorial Simple Crimping Kabel UTP