Cara Menginstall Sistem Operasi di Komputer (Windows)

Yo, halo!
Ketemu lagi di blog saya :) sekarang saya bakal share cara menginstall sistem operasi di komputer temen-temen.  Mungkin temen-temen disini pernah membeli laptop kosongan yang cuma ada dos-nya doang atau komputernya udah kebanyakan virus mau diinstall ulang... nah disini saya bakal ngasih tutorial singkat aja bagaimana cara instalasinya.



Buat yang mau windows:
1. Kalau punya CD yang siap install, cukup setting di BIOS priority bootnya ke CD-ROM
2. Kalau cuma punya file ISO, siapkan flashdisk berkapasitas minimal 4 GB (untuk windows 8, gunakan kapasitas 8GB) dan siapkan bootable usb dengan Windows USB Tools dan pilih iso serta flashdisk yang ingin digunakan, setelah itu atur setting di BIOS priority bootnya ke USB yang dipilih.
3. Pada saat instalasi, tentukan partisi yang ingin dibuat, maksimal berjumlah 4 partisi

Tambahan:
Pada windows 7 & 8, ada file ei.cfg yang berfungsi untuk memilih edisi/versi windows yang ingin di-install, biasanya ei.cfg dihapus agar saat instalasi tidak membutuhkan key, dan instalasi akan berjalan secara settingan default (express installation). ei.cfg terdapat di dalam folder sources.  Berikut adalah isi dari file ei.cfg (jika ingin membuatnya, cukup gunakan notepad dan rename menjadi ei.cfg)

[EditionID]
Ultimate
[Channel]
Retail
[VL]
0

sumber: http://www.askvg.com/how-to-choose-desired-windows-7-edition-version-during-setup/

mungkin dilain waktu, bakal saya kasih tutorial menginstall ubuntu/android :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menggunakan Stik PlayStation 3 (DualShock 3) untuk Windows PC [Indonesia]

Review Laptop: Lenovo G400s

Tutorial Simple Crimping Kabel UTP